Apakah saya sebaiknya bekerja atau berkarya ?

Memilih Bekerja Atau Berkarya

Pilihan

Bagi generasi muda sekarang masa depan yang terbentang indah memang tersedia jika kita mau meraihnya.banyak sekali pilihan bagi generasi muda untuk menentukan pilihan bekerja atau berkarya atau mungkin sekaligus bekerja sambil berkarya.

Apakah saya sebaknya bekerja atau berkarya ?

Bekerja

Banyak yang mengatakan betapa sulitnya mencari pekerjaan dinegara kita ini itu memang ada betulnya akan tetapi ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan,banyak lowongan-lowongan pekerjaan yang ada dinegara ini tinggal mencari di mesin pencari berbagai lowongan pekerjaan ada di situs-situs pembuka lowongan kerja.

Akan tetapi yang paling sulit dari lowongan pekerjaan ini adalah susahya mencari spesifikasi yang sesuai dengan skill dan keahlian kita,oleh karena itu untuk menyiasati itu kita harus mengupgrade skill dan keahlian kita menjadi lebih tinggi lagi sehingga jika ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill kita maka kita akan bisa untuk mendaftarkan sebagai kandidat calon pekerja.

Jika opsi untuk meningkatkan skill dan kemampuan kita menjadi piihan yang sulit dan belum bisa dilakukan pada saat ini,mungkin memang agak sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai,karena dunia yang berkembang begitu cepat maka mau tak mau kita harus mengikuti perkembangan sesuai dengan kebutuhan jaman.

Berkarya

Berkarya merupakan hal yang sangat bagus bagi generasi muda sekarang,bagaimana tidak fasilitas-fasilitas pendukung yang ada pada saat ini sudah menunjang aktivitas kita untuk berkaya,yang dimaksud berkarya disini adalah bagaimana kita bisa berkarya dengan kemampuan dan skill yang kita punya untuk menghasilkan income.

Dengan membuka usaha sendiri atau berwiraswata kita turut mengembangkan program pemerintah dalam usaha mengentaskan pengangguran dan menciptakan lapangan kerja yang baru  sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran di negara ini.

Sebagai generasi yang secara umum menpunyai fasilitas-fasiliatas yang lebih baik daripada generasi sebelumnya generasi sekarang mempunyai banyak pilihan untuk mempersiapkan masa depan,tidak seperti generasi-generasi sebelumnya yang mempunyai cita – cita sebagai pagawai negeri sipil,karyawan swasta ataupun yang lainnya,generasi sekarang mempunyai kesempatan dan pilihan yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Bagamana cara untuk memulai berwiraswasta

Untuk memulai membuka usaha sendiri ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kita yaitu :

  1. Passion

Hal pertama yang harus kita perhitungkan yaitu passion dan minat kita terhadap model usaha yang akan kita bangun nantinya,apakah usaha yang akan kita bagun nanti sudah sesuai dengan passion dan minat kita.sebagai contoh jika kita menyukai dunia fashion kita bisa membuka distro atau pun jenis usaha sejenisnya yang memang kita mempunyai pengetahuan di bidang ini,ataupun dunia kuliner kita bisa membuka usaha makanan dan minuman yang baru dan segar dengan inovasi-inovasi yang sangat baru dan berbeda.

     2. Segmen pasar

Jika kita sudah mendapatkan ide untuk usaha apa yang akan kita bangun nantinya maka lakukan riset pasar dan tentukan segmen apa yang kita tuju,misalkan kita membuka usaha makanan seperti martabak,kita bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan meliahat pada usaha yang sejenis atau mirip dengan usaha kita,bagaimana consumer yang aktif dan bagaimana prospek keuntungan-keuntungan yang ada.

  1. Lokasi

Lokasi yang tepat untuk sebuah bisnis merupakan hal yang sangat menunjang agar bisnis tersebut bisa berkembang secara besar.Dengan lokasi yang tepat kita akan mudah mendapatkan customer-customer yang loyal dan mempunyai banyak kesempatan untuk lebih memaksimalka potensi yang ada.

  1. Inovasi

Yang dimaksuk Inovasi yatu bagaimana kita bisa melakukan inovasi-inovasi yang baru dan berbeda dari yang sudah ada,contohnya jika kita membuka usaha berjualan martabak ,kita bisa berinvasi dengan ukuran ataupun rasa yang berbeda dengan resep martabak-martabak yang sudah ada.dalam hal ini jika kita telah melakukan inovasi maka langkah selanjutnya bagaimana kita mempertahankan cita rasa yang berbeda ini sebagai ciri khas dari martabak kita ini,sehingga para pelanggan kita mendapatkan cita rasa dan kualitas yang sama pada saat akan kembali lagi ketoko kita.

Apakah saya sebaknya bekerja atau berkarya ?

  1. Pemanfaatan teknologi

Teknologi informasi yang tersedia pada saat ini sudah sangat mendukung kita untuk mempromosikan usaha kita,dengan adanya media sosial yang mempunyai jangkauan yang sangat luas kita bisa dengan mudah memperkenalkan usaha kita kepada calon customer kita dimanapun mereka berada.Dengan begitu usaha kita akan dikenal banyak orang yang merupakan calon customer yang sangat potensial.

  1. Keuletan

Untuk membangun sebuah awal apapun itu tidak akan mudah akan tetapi dengan proses dan segala permasalahan yang ada akan membuat kita semakin paham dan mendapatkan jawaban ketika permasalahan yang sama timbul lagi,dengan semangat pantang menyerah dan kemauan yang keras yakin bahwa segala usaha kita tidak akan sia-sia.

Kesimpulan

Dari semua pilihan diatas memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing akan tetapi sebagai manusia kita harus percaya,dengan niat yang bersih dan kemauan yang keras kita akan dapat mewujudkan apapun keinginan kita selama kita tetap berusaha dan berdoa.

 

Semoga bermanfaat….

 

Baca Juga KKHukum Membaca Bismilah Pada surat Dalam Al-Quran

 

2 thoughts on “Apakah saya sebaiknya bekerja atau berkarya ?

  1. Undeniably imagine that which you stated. Your favourite reason appeared to be on the net the simplest factor to take into account of. I say to you, I certainly get irked while people consider worries that they just don’t recognise about. You managed to hit the nail upon the highest and defined out the entire thing without having side effect , people could take a signal. Will likely be again to get more. Thank you

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *