Beberapa Nama-Nama Malaikat Dan Tugasnya

Beberapa Nama-Nama Malaikat Dan Tugasnya

Beberapa Nama-Nama Malaikat Dan Tugasnya– Jika ada yang bertanya : “Bagaimana anda beriman kepada malaikat ?”.Maka jawablah :”Bahwasanya malaikat itu banyak sekali dan bermacam-macam tingkahnya,perbuatan (pekerjaannya), dan bentuknya “.Diantara para malaikat itu adalah :

Beberapa Nama-Nama Malaikat Dan Tugasnya

Malaikat Hamalatul ‘Arsyi

Beberapa Nama-Nama Malaikat Dan Tugasnya-Yaitu para malaikat pemikul ‘Arsy.Mereka ini tingkatan para malaikat tertinggi dan pertama kali diciptakan.Mereka didunia ada empat dan dihari kiamat kelak ada delapan.Bentuknya seperti kambing,antara tapak kaki sampai lututnya dapat ditempuh perjalanan tujuh puluh tahun bagai burung yang cepat terbangnya.

Malaikat Haaffun

Beberapa Nama-Nama Malaikat Dan Tugasnya-Yaitu para malaikat yang mengelilingi ‘Arasy.Wahab bin Munabbih berkata : “Bahwasannya disekitar Arasy itu ada sekitar 70.000 barisan malaikat.Satu baris dibelakang barisan itu berhadapan,mereka membaca tahlil dan yang lain membaca takbir”.

Di belakang 70.000 barisan malaikat yang berdiri,ada 100.000 barisan malaikat yang meletakan tangan kanannya pada tangan kirinya dengan membaca tasbih.Antara satu sayap jaraknya perjalanan 800 tahun,antara daun teinga dengan pundaknya jarak perjalanan 400 tahun.

Beberapa Nama-Nama Malaikat Dan Tugasnya

Malaikat Ruhaniyun

Yaitu malaikat bangsa ruhani,mereka berada dibumi putih seperti marmer,luas seluas perjalanan matahari 40 hari,panjangnya tidak ada yang mengetahui kecuali Allah,suara mereka sangat ramai dengan bacaan tasbih dan tahlil.Andai kata suara mereka dibuka dan di perdengarkan  para penduduk bumi maka mereka sunggu hancur karena kerasnya suara itu.

Malikat Karabiyyun

Mereka adalah kepala-kepala para malaikat yang berada disekitar Arasy.

Malaikat Safarah

Yaitu para malaikat yang menjadi penghubung antara Allah dengan para nabi dan orang-orang saleh.Mereka inilah yang menyampaikan perintah-perintah Allah SWT. melalui wahyu,Ilham dan mimpi yang baik kepada para nabi dan orang-orang saleh.Mereka juga sebagai penghubung antara Allah dengan para mahluk-Nya,mendatangkan bukti ciptaan Allah.Malaikat Safarah ini ada empat,yaitu Jibril,Mikail,Israfil dan Izrail.

Beberapa Nama-Nama Malaikat Dan Tugasnya

Malaikat Hafadhah

Muhammad Al Khalili berkata : diriwayatkan,bahwa sahabat Nabi Utsman bin Affan ra. bertanya kepada Nabi saw. : “Berapakah malaikat yang menjaga manusia ? ” Nabi Bersabda “Ada dua puluh malaikat”.

Malaikat Katabah

Mereka dalah para malaikat yang memindahkan ketetapan-ketetapan dari Lauhil Mahfudh.Mencintai para malaikat Allah adalah termasuk dalam syarat sahnya iman dan membenci malaikat adalah kufur berdasarkan firman Allah Ta’ala :

“Semua beriman kepada Allah ,Malaikat-malaikat-Nya ,Kitab-kitab-Nya,dan Rasul-rasul-Nya”.(QS.Al-Baqarah : 285).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *