Cara merawat kacamata yang baik

Kacamata merupakan barang penting bagi yang memakainya,bagi kalian yang memakai kacamata terkadang baru beberapa bulan dipakai kacamata kalian sudah terdapat goresan halus pada lensanya,atau gagang kacamata kalian menjadi longgar dan tidak ketat lagi saat dipakai,sehingga kacamata menjadi turun saat dipakai dan menimbulkan efek tidak nyaman saat memakainya,sebagai barang yang membantu kita dalam melakukan visualisasi saat melihat perawatan kacamata sangat penting dilakukan untuk menjaga agar kualitas kacamata tetap bagus baik lensa maupun framenya.Idealnya pemakaian kacamata harus diganti setiap dua tahun sekali akan tetapi kebanyakan orang memakai kacamata selama kacamata itu berfungsi dengan baik maka akan selalu dipakai sampai rusak ataupun pecah,dan pemakaian kacamata yang rusak biasanya terdapat goresan goresan halus justru penggunanya akan mengalami resiko kerusakan mata yang lebih parah,Simak tips dibawah ini agar kacamata anda tetap dalam performa yang baik dalam jangka waktu yang panjang :

  1. Minimalkan pemakaian kacamata dalam posisi tidur miring seperti dalam melakukan aktivitas menonton televisi sambil berbaring miring disofa,Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada gagang frame kacamata anda,karena tekanan kepala pada gagang frame kacamata anda membuat posisi gagang kacamata menjadi miring,Kacamata yang mempunyai gagang yang miring pada salah satu gagangnya membuat letak pemakaian kaca mata menjadi tidak sempurna biasanya miring kearah gagang yang sudah disposisi tersebut,sebaiknya saat menonoton televisi jangan bersandar pada bagian kiri atau kanan wajah anda agar tidak mengganggu gagang kacamata anda.dan juga perhatikan jarak Antara televisi dengan mata anda.
  2. Bersihkan kacamata anda menggunakan cairan pembersih lensa,jangan membersihkan dalam keadaan kering karena debu-debu yang menempel dapat menyebabkan kerusakan yang permanen seperti goresan halus pada lensa kacamata anda.Cairan pembersih lensa dapat dibeli di optic-optic yang terdekat dari rumah anda.dan gunakan kain berserat mikro saat mengerinkan kacamata dimana biasanya kain ini didapat saat kita membeli kacamata baru.

  1. Opsi lainnya kita bisa menggunakan sabun yang tidak mengandung alkohol agar kualitas lensa kita tetap terjaga.
  2. Pengunaan air dingin atau air yang mengalir dari keran juga dapat membantu dalam pembersihan kacamata kita karena tidak merusak lapisan pelindungnya,jangan gunakan air panas atupun sikat karena akan merusak lapisan pelindungnya.
  3. Pada saat mengeringkan kacamata gunakan teknik menyapu satu arah dengan menggunakan kain berserat mikro ,dan jangan menekan kacamata terlalu keras.
  4. Lalu pastikan kita mempunyai tempat atau dompet kacamata untuk menyimpan kacamata saat tidak digunakan atau sedang tidur,agar kacamata kita terlindung dari debu dan aman saat terjatuh ataupun ter injak saat kita akan mencarinya pada saat bangun tidur.
  5. Lakukan proses pencucian kacamata dioptik terdekat minimal 2 minggu sekali agar kacamata kita tetap bersih optimal karena proses pencucuian di optik-optik biasanya menggunakan mesin khusus yang jauh lebih optimal dan aman.

Kacamata adalah barang yang sangat penting bagi pemakaianya oleh karena itu rawatlah kacamata kalian dengan optimal dan berkesinambungan agar mata kita lebih sehat dan aman…….Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *