Contoh Penggunaan Fungsi Pada Bahasa C

Contoh Penggunaan Fungsi Pada Bahasa C

Contoh Penggunaan Fungsi Pada Bahasa CSuatu program merupakan kumpulan dari pernyataan – pernyataan. Kadangkala pernyataan – pernyataan tersebut diperlukan berulang – ulang pada beberapa tempat di program yang sama. Pengulangan pernyataan – pernyataan tersebut membuat program menjadi tidak efisien. dengan pembuatan suatu fungsi, maka pengulangan pernyataan – pernyataan tsb tidak perlu terjadi, karena kita dapat
memanggil kembali fungsi tsb. Suatu fungsi dapat dibuat di dalam program yang sama ( fungsi internal) maupun di file lain ( fungsi eksternal ).
Dari dalam program yang sama, digunakan tanda ‘=’ untuk memberikan nilai ke suatu variabel. Kalimat utk memberikan nilai ke sebuah variabel disebut ‘kalimat penilaian’ atau assignment. dari luar program, pemberian nilai pada suatu variabel dilakukan dengan menggunakan fungsi masukan (input function).

Fungsi dlm bahasa C adalah subprogram. Program yang ditulis dengan C tdd fungsi – fungsi. Fungsi minimal yang harus tdp dalam suatu program adl main() dan muncul hanya sekali. Pengertian fungsi dalam Turbo C mirip dengan subroutine dalam bahasa BASIC atau fungsi dan procedur dalam PASCAL

SIFAT – SIFAT DAN MANFAAT FUNGSI

1. Menghindari penulisan program yang berulang
2. Fungsi akan membagi program menjadi modul – modul yang lebih kecil (modular design) , sehingga jika terjadi kesalahan dalam program akan lebih mudah dilacak.
3. Setiap fungsi memiliki tingkatan yang sama dan berdiri sendiri. Dengan demikian fungsi – fungsi ini dapat dipanggil dari sembarang fungsi yang lain dengan mudah. Dalam Turbo C tidak diperkenankan sebuah fungsi ada dalam fungsi yang lain (nested function)
4. Fungsi dalam C dapat menghasilkan nilai, data ataupun hasil atau kegiatan lain yang bukan berupa data maupun nilai. Turbo C tidak membedakan fungsi yang menghasilkan nilai ( fungsi) dan fungsi yg menghasilkan data (prosedur).

STRUKTUR SEBUAH FUNGSI SEDERHANA

BU : tipe nama fungsi (parameter)
{
deklarasi variabel lokal
pernyataan – pernyataan
return (ungkapan)
}
nama fungsi mempunyai ketentuan yang serupa dengan nama variabel. parameter diletakkan diantara tanda (), di belakang nama fungsi.Parameter boleh diisi dengan data atau dibiarkan kosong. Bila diisi dengan data maka data tsb akan dikirimkan ke fungsi yang bersangkutan untuk diolah. Jika fungsi ybs tidak memerlukan data dari luar , maka parameter dibiarkan kosong. pernyataan pada fungsi harus diletakkan diantara tanda {}

Contoh :
main()
{
int x,y;
x=contoh();
printf(“x= %d\n”,x);
y=contoh();
printf(“y= %d\n”,y);
}
contoh()
{
return(0);
}
OUTPUT :
x=0
y=0

 

Semoga Bermanfaat..

Baca juga Bagian bagian dari UML

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *