Kontinuum Ruang Waktu Realitas Tertinggi

Ruang Angkasa

Kontinuum Ruang Waktu Realitas Tertinggi-Ruang angkasa berisi semua materi dan energi alam semesta,ia berdimensi tiga yakni ia memiliki besaran sedangkan daerahnya berdimensi dua dan panjangnya berdimensi satu.Dr.Einstein menganggap ruang angkasa sebagai sesuatu yang nyata.

Alam semesta menurut pendapatnya bukan merupakan sejenis pulau di ruang angkasa yang tidak pasti.Ia bersifat pasti tetapi tanpa batas dan diluarnya tidak ada ruang kosong.

Kontinuum Ruang Waktu Realitas Tertinggi

George Gamov berpendapat bahwa ruang angkasa berbentuk Kurva.Nabi Muhammad SAW. pada suatu saat pernah ditanya ;”Apakah langit alam semesta ini ?”,Beliau menjawab :”Ia adalah gelombang yang tetap”.Jawaban nabi Muhammad itu meskipun sudah berumur lebih dari 1.400 tahun kedengarannya sama dengan konsep ilmiah terakhir mengenai ruang angkasa .

Karena gelombang adalah sifat kurva dan tidak ada istilah lain yang lebih baik dari pada gelombang untuk menjelaskan masalah tersebut kepada orang awam.

Kontinuum Ruang Waktu Realitas Tertinggi

Waktu

Benar-benar sangat sulit untuk mendefinisikan waktu karena banyak sekali berbagai macam arti yag dimiliki oleh istilah ini dan jauh lebih sulit lagi untuk menjelaskan hakikatnya.Penggunaan istilah tersebut yang paling umum adalah dengan menunjukan waktu sebagaimana ditunjukan oleh jam.

Istilah tersebut juga digunakan untuk menyatakan lama durasi (Panjang atau pendek).Ia juga sering digunakan untuk menunjukan makna tenses,ketika ia ditunjukan dengan waktu lampau [Madi, Past] sekarang [Mudari, Present] atau akan datang [Mustaqbal, Future],Bila kita mengatakan Times are hard (Saat-saat adalah sulit) maka ia menunjukan situasi lingkungan sekitar.

Para ahli fisika menyadari bahwa ruang angkasa adalah tatanan yang mungkin dari objek-objek materi sedangkan waktu adalah tatanan yang mungkin dari peristiwa-peristiwa.Peristiwa-peristiwa yang meruapakan landasan untuk mengukur waktu adalah rotasi dan revolusi bumi.Yang kita sebut satu hari 24 jam adalah satu kali bumi mengelilingi porosnya dan satu tahun 365 1/2 hari adalah satu kali revolusi bumi mengelilingi matahari.

Semua jam yang digunakan oleh manusia disesuaikan dengan pergerakan bumi itu,yang telah dijelaskan dalam Al-Quran dalam beberapa Firmannya

“Dialah [Allah] yang telah menjadikan matahari bercahaya dan bulan bersinar dan menetapkan baginya fase-fasenya agar kamu mengetahui jumlah tahun dan perhitungan.Sesunggunhnya Allha menjadikannya dengan kebenaran.Dia menjelaskan tanda-tanda [Kemaha Kuasaan-Nya] kepada orang-orang yang memiliki pengetahuan.”(QS. 10:5)

“Dan telah kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda,kemudian kami hapuskan tanda malam dan kami jadikan tanda siang itu terang benderang agar kamu mencari karunia dari Tuhanmu dan agar kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan.Dan kami telah menerangkan segala sesuatu dengan rinci”(QS. 17:12)

Kontinuum Ruang Waktu Realitas Tertinggi

Kontinuum Ruang Waktu Realitas Tertinggi

Berdasarkan ilmu fisika dan filsafat,istilah waktu itu memilik dua makna yaitu : Waktu menurut para ahli fisika adalah waktu yang nyata dan menurut para filosuf adalah waktu yang sebenarnya.

Waktu menurut ahli fisika adalah serangkaian interval yang tersebar secara reguler diantara berbagai peristiwa yang terjadi pada posisi yang sama diruangan,seprti bunyi detak jam.watu menurut ahli fisika adalah waktu yang kita fikirkan,yang kita ketahui,yang kita gnakan dalam perhitungan dan dalam urusan sehari-hari kita.

Seperti pergi kekantor pada jam 8.00 pagi sudah sama-sam kita ketahui,sedangkan jika kita memusatkan kesadaran kita pada waktu,dalam hal ini menaruh perhatian penuh kepadanya dengan melepaskan diri kita sama sekali dari dunia eksternal,pengaruh-pengaruhnya internal dari pernafasan kita,detak jantung dan sebagainya maka kita akan merasakan bahwa waktu yang sebenarnya mengalir begitu cepat,meskipun kita tidak dapat menyatakan hal ini dalam kata-kata.

Demikian pembahasan ini akan penulis lanjutkan di artikel selanjutnya

Baca Juga Protestik yang membuat film tampak nyata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *