Pandangan dan Makna Iman bagi Umat Muslim

Makna Iman

Pandangan dan Makna Iman bagi Umat Muslim-Iman bagi orang islam mengandung arti “Membenarkan”,maksudnya adalah membenarkan dengan seteguh hati dan menyatakan dengan sebenar-benarnya adanya Allah.para malaikat-Nya,kitab-kitab-Nya,para utusan-Nya,hari akhir dan takdir baik dan yang buruk daei Allah SWT.Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Umar bin Khatab dari Jibril dan juga diriwayatkan Imam Bukhari dari Abu Hurairah juga dari hadis Jibril.

Anda Katakan : “Saya beriman kepada Allah dan para Malaikatnya serta akan berjumpa Allah,para Rasul-Nya,dan beriman kepada suatu hari dimana seluruh mahluk dihidupkan kembali .Pengertian “Aku membenarkan” Ada-Nya Allah dan sifat-sifat yang wajib bagi-Nya,adanya para malaikat sebagai hamba yang mulia,melihat Allah di akhirat bagi orang yang beriman,dan utusan Allah adalah orang-orang yang jujur lagi benar dalam memberitakan apa yang diterima dari Allah.

Rukun Iman

Dan beriman kepada hari kebangkitan dari kubur sesudah mati,Sebagian ulama berkata : “Siapa belajar sejak kecilnya dengan beriman kepada Allah.para malaikat-Nya,kitab-kitab-Nya,para utusan-Nyahari akhir dan ketentuan Allah yang baikdan buruk dari Allah,sedangkan ia tahu bahwa hal-hal itu harus diimani sekalipun belum dapat menerangkan maksudnya,maka ia tidak dapat dihukumi orang yang beriman “.

Sementara ulama berkata : “Iman seorang ketika sekarat atau mati sewaktu melihat bakal tempatnya,disurga atau neraka adalah tidak diterima.Karena tidak dapat melakukan apa yang diperintahkan dalam keadaan memilih”.Sebab setiap hamba itu akan diperlihatkan bakal temaptnya disaat sekarat akan mati.sebagaiman diriwayatkan oleh Rasulullah saw. bahwasanya beliau bersabda :

Sesungguhnya seorang hamba itu tidak akan mati sehingga melihat tempatnya di surga ataupun neraka“.

Taubat

Berbeda taubat orang yang merasa terputus dari rahmat Allah itu dilakukan pada kesempatan yang masih luas maka taubatnya dapat diterima sepanjang imannyasudah benar.Sebagaimana hadis dari Ibnu Umar ,Rasulullah Bersabda :

Taubat seorang hamba mukmin itu akan diterima selagi nyawanya belum sampai kerongkongan“.

Ketahuilah bahwa iman kepada Allah itu ada tiga klasifikasinya yaitu :

  1. Iman secara Taklid,artinnya ikut-ikutan,yaitu mempercayai Allah karena mengikuti para ulama tanpa mengetahui dalilnya.Iman seperti ini tidak dapat selamat dari goncangan hati bila ada orang yang mempengaruhi dan meragukan hatinya.
  2. Iman secara tahkik,artinya iman sejati,yaitu mengikat hatinya kepada sifat ke Esaan Allah,sekiranya terdapat perselisihan ahli ilmu untuk melepaskan ikatan dalam hatinyam,maka ia tidak akan terpengaruh.
  3. Iman secara istidlal,artinya berdasarkan dalil,yaitu menciptakan dalil atas segala ciptaan Allah sebagai bukti adanya zat pencipta,ringkasnya bahwa adanya bekas tanpa pemberi bekas adalah mustahil.

Demikian Makna Iman bagi Umat Muslim semoga tulisan ini dapat menambah wawasan bagi teman teman dan semoga bermanfaat,

 

Baca Juga Menyikapi ujian dalam hidup didunia

.

 

One thought on “Pandangan dan Makna Iman bagi Umat Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *