Pengertian Pengujian Testing Pada Software

Pengertian Pengujian Testing Pada Software

Pengertian Pengujian Testing Pada Software-Pengujian (testing) adalah tindakan untuk memeriksa/membuktikan bahwa kualitas software telah terpenuhi, dan pengimplementasian software telah benar sesuai dengan syarat/kebutuhan (O’Regan, 2011). Ada beberapa tipe pengujian (testing), yaitu pengujian unit (unit testing), pengujian integrasi (integration testing), pengujian sistem (system testing), pengujian daya guna (performance testing), dan pengujian penerimaan pengguna (user acceptance testing).

Pengertian Pengujian Testing Pada SoftwareTujuan akhir dari pengujian (testing) adalah untuk memastikan bahwa sistem bekerja/berjalan sesuai dengan perencanaan, dan secara umum untuk memastikan agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna (Davis & Yen, 1998). Lebih khusus, pengujian (testing) adalah proses mencoba meletakkan sistem dan beserta komponen pendukungnya, mengamati, dan memperbaiki kesalahan atau cacat yang timbul.

Pengujian perangkat lunak (software testing) berperan dalam memastikan bahwa produk perangkat lunak telah berkualitas tinggi dan sesuai dengan kualitas yang diharapan oleh pelanggan (O’Regan, 2011).

Tujuan Pengujian

Pengujian merupakan bagian yang bersifat integral dalam pengembangan perangkat lunak, dan lebih dari 50% waktu pengembangan dihabiskan untuk pengujian (Simarmata, 2010). Adapun tujuan dari pengujian adalah:

Pengertian Pengujian Testing Pada Softwarea. Untuk meningkatkan kualitas

Software berkualitas adalah software yang tidak memiliki cacat, dan sesuai dengan kebutuhan. Bug dapat menyebabkan kerugian yang besar, menghancurkan, dan menyebabkan masalah. Debugging sering dilakukan untuk mengetahui perancangan yang cacat dari pemrograman. Menemukan masalah dan memperbaikinya adalah tujuan dari debugging di dalam tahapan pemrograman.

b. Untuk verifikasi dan validasi

Pengujian software juga bertujuan untuk memvalidasi dan memverifikasi software (perangkat lunak), yaitu apakah software yang dikembangkan telah memenuhi persyaratan bisnis dan teknis (sesuai dengan desain dan pengembangan yang
direncanakan), apakah sudah bekerja seperti yang diharapkan, dan dapat diimplementasikan dengan karakteristik yang sama.

c. Untuk keandalan estimasi

Pengujian dapat digunakan untuk memperoleh data statistik yang dapat digunakan untuk mengetahui kegagalan, atau estimasi keandalan perangkat lunak. Keandalan perangkat lunak merupakan hal yang penting karena memiliki hubungan dengan berbagai aspek dari perangkat lunak, termasuk struktur.

 

Oleh sebab itu proses pengujian pada pembangunan perangkat lunak adalah hal yang sangat penting untuk mengetahui kelayakan dan standar software yang telah dibuat sebelum digunakan oleh user.

One thought on “Pengertian Pengujian Testing Pada Software

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *